Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku
Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku
| Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku |
Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku- Perangkat pembelajaran merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh setiap guru sebagai salah satu persaratan sebelum praktek mengajar. Salah satunya adalah rpp yang merupakan suatu rencana atau strategi kita supaya berhasil ketika mengajar peserta didik. Dalam RPP kita merumuskan tujuan pembelajaran, metode serta langkah-langkah yang baik dalam mengajar peserta didik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 2 CIKELET
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 2 : Kegemaranku
Sub Tema 1 : Gemar Berolahraga
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan
tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator :
¡ Menjelaskan
tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
¡ Membaca
teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
¡ Mengidentifikasi
gambar sebagai karya seni ekspresi
¡ Menggambar
ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Mengamati,
Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
¡ Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan
macam-macam olahraga dengan benar.
¡ Siswa
mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
¡ Siswa
mampu menyusun huruf menjadi nama - nama olahraga dengan tepat.
¡ Setelah
menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.
Mengenal Alat Olahraga
¡ Dengan
memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan
benar.
¡ Setelah
mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat
olahraga yang disukainya dengan rapi.
¡ Dengan
menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
¡ Siswa
mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati
Jenis-Jenis Olahraga
¡ Menggenal
Alat Olahraga
¡ Menggambar
Alat Olahraga
E. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan
dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
¡
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
¡
Mengajak Semua Siswa menyanyi “Selamat Pagi Guru”
¡
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
¡
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang
telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara
kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan
Olahraga
¡
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku
siswa. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi
gambar. (Menanya)
Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
-
Olahraga apa yang kamu lihat
pada gambar?
-
Apa yang
kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
-
Berapa banyak anak
yang bermain bulu tangkis pada gambar?
-
Berapa banyak anak
yang bermain sepak bola pada gambar?
-
Berapa jumlah anak
seluruhnya pada gambar?
-
Olahraga mana yang merupakan
olahraga tim?
-
Sikap apakah yang
penting ditunjukkan dalam melakukan olahraga tim?
-
Olahraga apa yang
paling kamu sukai?
-
Olahraga apa yang
baru kamu ketahui?
¡
Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan
bimbingan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga
yang dipelajari. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
(Mengekplorasi)
¡
Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru meminta siswa
untuk menuliskan olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui. (Mengkomunikasikan)
Mengenal Alat Olahraga
¡
Siswa berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga yang
mereka ketahui dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru sebagai
berikut:
-
Jika kamu ingin
bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
-
Jika kamu ingin
bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
-
Jika kamu ingin
bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
-
dan
seterusnya. (Menanya)
¡
Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang
dipergunakan untuk berolahraga. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling
berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan
gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
(Mengasosiasi)
¡
Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang disukai
untuk dijadikan tema dalam menggambar. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema. (Mengasosiasi)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Pedoman Guru Tema : Kegemaranku Kelas
1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Buku
Siswa Tema : Kegemaranku Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Pensil/pensil warna/krayon/spidol
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
||||||||||||
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis (lembar kerja di buku siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
Kesesuaian gambar dengan tema
|
Gambar sesuai
dengan tema dan konkrit
|
Gambar sesuai
dengan tema meskipun belum konkrit
|
Gambar belum sesuai dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan
4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Apabila bapak ibu ingin mengunduh filenya silahkan unduh pada link dibawah ini:
Demikian artikel Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku ini saya buat semoga bermanfaat. Terima kasih atas partisifasi telah berkunjung pada blog ini.
Judul : Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemarankulink : Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
0 Response to "Download RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegemaranku"
Posting Komentar