RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku
RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku
| RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku |
RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku- Merupakan artikel yang saya posting pada kesempatan ini. Kurikulum 2013 merupakan perkembangan dari kurikulum sebelumnya. Dalam kurikulum 2013 ini lebih menitik beratkan pada pembentukan karakter peserta didik dan keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Simak selengkapnya dibawah ini:
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡ Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari
¡ Membedakan suasana pagi dan malam hari
¡ Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil
pengamatan
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal cara
dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
Indikator
¡ Mengidentifikasi gambar suasana pagi dan malam
¡ Mewarnai gambar suasana pagi
¡ Mewarnai gambar suasana malam
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
¡ Setelah berlatih membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
suasana pagi hari dengan tepat.
¡ Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan suasana
pagi dan malam hari dengan tepat.
Mengenal Pagi melalui Percobaan
¡ Dengan percobaan, siswa dapat menjelaskan terjadinya pagi
dan malam.
¡ Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai
gambar dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
¡ Bernyanyi dan Mengenal Pagi melalui Percobaan
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
¡ Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
¡ Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak.
¡ Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
¡ Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
¡ Guru membuka pelajaran dengan
menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama. (Menanya)
¡ Siswa mengdengarkan penjelasan
guru bahwa mereka akan mempelajari suasana pagi hari. (Mengamati)
¡ Siswa mengikuti guru membacakan
teks yang tertera di buku siswa. (Mengamati)
¡ Siswa
berlatih membaca teks berulang-ulang. (Mengekplorasi)
¡ Setelah itu
guru mengajak siswa mengamati suasana pagi melalui gambar.
(Mengamati)
¡ Siswa
berbagi pengalaman tentang keadaan pagi hari di lingkungan rumahnya
masing-masing. (Mengasosiasi)
¡ Siswa
mengamati gambar dan membedakan malam hari, menjelang fajar, dan pagi hari.
(Mengamati)
¡ Siswa
diminta untuk mengamati buku siswa halaman selanjutnya dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan di dalamnya. (Mengamati)
Mengenal Pagi melalui Percobaan
¡ Siswa menyanyikan lagu “Bersinar
Matahari” dengan arahan guru. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa
mengamati gambar dan menjawab pertanyaan. (Mengamati)
¡ Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang dari mana bumi menerima cahaya sehingga menjadi
terang. (Menanya)
¡ Guru menyampaikan bahwa matahari
menyinari bumi serta memberikan cahaya dan panas bagi bumi. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang proses terbit dan terbenamnya matahari serta penjelasan bahwa
bumi selalu berputar. (Mengamati)
¡ Siswa mengamati gambar percobaan
di buku siswa. (Mengamati)
¡ Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal berikut: (Menanya)
-
Di mana gambar matahari?
-
Di mana posisi Lani?
-
Di mana posisi Justine?
¡ Guru
menjelaskan bagian bumi yang menghadap matahari mengalami siang, dan bagian
bumi yang membelakangi matahari mengalami malam. (Mengasosiasi)
¡ Siswa
mengamati gambar pada buku siswa. Bila memungkinkan, siswa diharapkan melakukan percobaan
ini. Bila tidak
ada globe, bisa menggunakan bola plastik. (Mengamati)
¡ Siswa
mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan percobaan.
(Mengekplorasi)
¡ Guru menutup pelajaran dengan
mengingatkan siswa bahwa pagi hari merupakan karunia Tuhan yang patut
disyukuri. (Mengkomunikasikan)
¡ Pelajaran
diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
(Mengkomunikasikan)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡ Mengamati
sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
¡ Apabila ada
siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah
selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa
lebih disempurnakan
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman
Guru Tema : Kegiatanku Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa
Tema : Kegiatanku Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Globe/bola, senter, dan buku siswa.
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
||||||||||||
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
Penilaian pengetahuan:
Instrumen
penilaian: tes tertulis (buku siswa)
Penilaian keterampilan:
Unjuk
Kerja Mengamati Suasana Pagi dengan Teks dan Gambar.
Rubrik Mengamati Suasana Pagi dengan Teks dan Gambar
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bim-bingan
1
|
Kemampuan memahami suasana pagi
|
Menyebutkan 3 atau lebih ciri-ciri suasana pagi
|
Menyebutkan 2 ciri-ciri suasana pagi
|
Menyebutkan 1 ciri-ciri suasana pagi
|
Belum mampu menyebutkan ciriciri suasana pagi
|
Kemampuan membedakan suasana pagi dan malam hari
|
Siswa menyebutkan 3 atau lebih perbedaan
|
Siswa menyebutkan 2 perbedaan
|
Siswa menyebutkan
1 perbedaan
|
Belum mampu menyebutkan perbedaan
|
Mengenal Pagi melalui Percobaan
¡ Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mengenal Pagi melalui Percobaan
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bim-bingan
1
|
Keterlibatan siswa dalam percobaan
|
Terlihat sangat antusias dan dapat menjelas-kan kembali
terjadinya pagi dan malam
|
Terlihat antusias
|
Terlihat kurang antusias
|
Terlihat tidak antusias
|
Kemampuan mewarnai
|
Mewarnai ma-tahari, bumi di waktu pagi dan malam dengan tepat.
|
Mewarnai bumi hanya suasana pagi atau malam saja.
|
Salah dalam mewarnai.
|
Belum mampu mewarnai.
|
RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku, Untuk mendownload filenya langsung saja klik link dibawah ini:
RPP SD K13 Kelas 1 Tema KegiatankuDemikian artikel RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku saya buat. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas partisifasinya telah berkunjung pada blog ini. Judul : RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku
link : RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
0 Response to "RPP SD K13 Kelas 1 Tema Kegiatanku"
Posting Komentar