Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku
Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku
| Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku |
Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku- merupakan artikel yang akan saya posting pada kesempatan ini. Baiklah bapak ibu bisa disimak selengkapnya dibawah ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 2 CIKELET
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
:
¡ Mengidentifikasi
cara cara memperkenalkan diri
¡ Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama lengkap
¡ Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama panggilan
¡ Menyebutkan
nama temannya
PPKn
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
Indikator
:
¡ Mengidentifikasi
aturan permainan di sekolah
¡ Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
PJOK
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
:
¡ Mengidentifikasi
gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
¡ Melakukan
gerakan melempar bola
¡ Melakukan
gerakan menangkap bola
SBdP
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator
:
¡ Mengidentifikasikan
cara menghias kartu nama
¡ Memberi
hiasan pada kartu nama
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Teman
Baru
¡ Setelah
mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan secara benar.
¡ Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
Menghias
Kartu Nama
¡ Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Perkenalan
diri
¡ Peraturan
permainan
¡ Permainan
memperkenalkan diri
¡ Gerakan
melempar dan menangkap
¡ Menghias
gambar kartu nama
¡ Lirik
lagu “Siapa Namamu”
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Teman
Baru
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada
siswa. (Mengasosiasi)
Guru meminta siswa membuka buku
siswa hal. 1-3. (Mengamati)
Guru menunjukkan cara berkenalan,
seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 3. (Mengekplorasi)
Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan
lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar,
boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
(Mengekplorasi)
Permainan dimulai dari guru
dengan memperke-nalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak... nama
panjang.... biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras) (Mengekplorasi)
Siswa yang berhasil menangkap
bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil an. Kemudian, dia
melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan. (Mengekplorasi)
Setelah semua memperkenalkan
diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama
teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
Lirik lagu “Siapa
Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
Siswa tetap berada pada posisi
lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu
menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil
mengikuti irama lagunya dan seterusnya. (Mengkomunikasikan)
Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru
memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Mengasosiasi)
Setelah diskusi tentang
pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman,
kita bisa juga menggunakan kartu nama. (Mengkomunikasikan)
Menghias
Kartu Nama
Guru menyampaikan bahwa siswa
akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
Guru membagikan potongan-potongan
karton seukuran kartu nama.
Guru membagikan kertas
bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk
menulis.
Lalu, Siswa diminta menuliskan
namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka
masing-masing.
Setelah itu, guru menjelaskan bahwa
kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas.
|
35 Menit
X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan
penilaian hasil belajar
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat
menjadi bentuk bola
¡ Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
¡ Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
¡ Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat
permainan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Kemampuan memperkenal-kan diri
|
Siswa mampu menyebutkan nama
panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu menyebutkan nama
panjang
|
Siswa hanya mampu Menyebutkan
nama panggilan
|
Siswa belum mampu memperkenalkan
diri
|
2.
|
Kemampuan menjalankan peraturan
pada permainan
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum mampu melakukan
permainan sesuai dengan aturan
|
3.
|
Kemampuan melakukan gerakan
melempar dan menangkap
|
Siswa mampu melempar dan
menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali meleset
|
Siswa melempar dan menangkap
bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa belum mampu melempar dan
menangkap bola
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Kartu Nama
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Komponen kartu nama
|
Memenuhi 3 komponen (gambar/foto
diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memnuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2.
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Diatas hanya merupakan contoh dari beberapa file yang saya bagikan. untuk lebih lengkapnya bisa bapak ibu lihat pada tampilan google drive dibawah ini:
Download RPP Kelas 1 Tema Diriku
Demikiaan artikel Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku saya buat semoga bermanfaat. Terima kasih
Judul : Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Dirikulink : Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
0 Response to "Download RPP K13 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku"
Posting Komentar