contoh kurikulum ktsp sd lengkap

contoh kurikulum ktsp sd lengkap

contoh kurikulum ktsp sd lengkap
contoh kurikulum ktsp sd lengkap

contoh kurikulum ktsp sd lengkap- Pemberlakuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan Otonomi daerah dan Wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan Pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan Pendidikan dengan diberikanya wewenang kepada sekolah untuk menyusun Kurikulumnya mengacu kepada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu pasal 2 tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan nasional dan pasal 35 tentang Standar Nasional Pendidikan. Juga adanya tuntutan Globalisasi dalam Bidang Pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan Nasional dapat bersaing dengan hasil Pendidikan Negara-Negara maju. Desentralisasi pengelolaan Pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari Desentralisasi Pengelolaan Pendidikan ini adalah diberikanya kewenangan kepada Sekolah untuk mengambil Keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan. Seperti dalam pengelolaan Kurikulum. Baik dalam Penyusunannya maupun Pelaksanaannya di Sekolah. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi  Tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan kekhasan potensi dan kondisi daerah satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan Penyesuaian program Pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikann Nasional, Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Tenaga Kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, 
pembiayaan dan Penilaian Pendidikan. Dua dari delapan standar Nasional Pendidikan tersebut, yaitu standar Isi ( SI ), dan  Standar Kempetensi Lulusan ( SKL ) merupakan Acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan Kurikulum.

contoh kurikulum ktsp sd lengkap- Pengembangan Kurikulum disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk :
a. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
c. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna  untuk orang lain.
e. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar  aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kewenangan Sekolah dalam menyusun Kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah dan kondisi daerah. Dengan demikian  daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan  hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.   

contoh kurikulum ktsp sd-lengkap memiliki INDIKATOR PENCAPAIAN VISI  SDN CIKELET 2 sebagai berikut:
a. Terwujudnya Tercapainya Peningkatan Mutu Pendidikan.
b. Mengembangkan Suasana Kondusif
c. Meningkatkan Budaya Pelayanan
d. Mengembangkan Sikap Profesionalisme Guru

contoh kurikulum ktsp sd lengkap memiliki  MISI SDN CIKELET 2 sebagai berikut:
a. Membentuk peserta didik menjadi generasi yang bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Membiasakan kehidupan sekolah yang disiplin, sportif dan memiliki mental berprestasi
c. Mendidik siswa supaya memiliki sopan santun yang tinggi serta berakhlak mulia.
d. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
e. Mewujudkan proses belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran
f. Mengadakan sarana dan prasarana pembelajaran baik akademik maupun non akademik
g. Membangun lingkungan  sekolah yang nyaman, aman dan asri sebagai tempat belajar dan pusat kebudayaan
h. Memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat untuk memperoleh proses pendidikan yang berkualitas
i. Membangun hubungan kerja dengan semua instansi dan institusi yang ada di kabupaten Garut dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

contoh kurikulum ktsp sd lengkap memiliki   STRATEGI SDN CIKELET 2 sebagai berikut:
a. Penataan Kelembagaan
b. Meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar
c. Meningkatkan kualitas bekerja kependidikan
d. Meningkatkan profesionalisme kinerja tenaga kependidikan
e. Mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan bakat yang dimiliki
f. Menjadikan sekolah sebagai sumber belajar yang menyenangkan

contoh kurikulum ktsp sd lengkap memiliki Tujuan Pendidikan SDN Cikelet 2  sebagai berikut:
1. Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
2. Siswa sehat Jasmani dan Rokhani
3. Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi
4. Siswa Mengenal dan mencintai bangsa, Masyarakat dan Budayanya.
5. Siswa Kreatif, terampil, dan bekerja sama untuk mengembangkan diri secara terus menerus. 

contoh kurikulum ktsp sd lengkap- Kurikulum adalah Seperangkat Rencana dan Pengaturan mengenai Tujuan, Isi, dan bahan Pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan Pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan.

1.   KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
KTSP adalah Kurikulum Oprasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing Satuan Pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan, Struktur dan muatan Kurikulum tingkat satuan Pendidikan, Kalender Pendidikan dan Silabus.

2.   SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar,Materi Pokok/ Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, alokasi waktu dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kedalam materi pokok/ Pembelajaran, kegiatan Pembelajaran, dan Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

3.   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Perencanaan proses Pembelajaran meliputi Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedur dan manajemen Pembelajaran  untuk mencapai satu atau lebih Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi. RPP harus  memuat sekurang-kurangnya  Identitas Mata Pelajaran,Standar Kompetensi,Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Ajar, Alokasi Waktu, Metode Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar dan Sumber Belajar. 

contoh kurikulum ktsp sd lengkap

Demikian artikel contoh kurikulum ktsp sd lengkap dibuat semoga bermanfaat. Terima kasih atas partisifasinya telah berkunjung pada blog ini. Jangan lupa like dan komen pada kolom yang telah saya sediakan. Artikel ini dibuat untuk membantu bapak ibu yang sedang mencari file mengenai program kerja. Dalam proses mendownload filenya sangat lah mudah tinggal tekan download dan file tersebut akan terunduh di komputer bapak ibu langsung dari google drive.
Judul : contoh kurikulum ktsp sd lengkap
link : contoh kurikulum ktsp sd lengkap

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "contoh kurikulum ktsp sd lengkap"

Posting Komentar