Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013
Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013
| Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013 |
Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013- Selamat datang di blog Kurikulum Nasional. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013, silahkan disimak soal berikut ini:
1.
Suatu sistem yang dapat memudahkan
kita mempelajari dan mengenal makhluk hidup adalah……
a.
Sistem klasifikasi
b.
Proses klasifikasi
c.
Klasifikasi sistem alami
d.
Klasifikasi sistem buatan
e.
Taksonomi
2.
Cara pengelompokan berdasarkan ciri
morfologi, anatomi, dan fisiologi disebut……
a.
Proses Klasifikasi
b.
Klasifikasi sistem alami
c.
Klasifikasi sistem buatan
d.
Taksonomi
e.
Sistem klasifikasi
3.
Cara pengelompokan sejarah evolusi
suatu makhluk hidup disebut……
a.
Klasifikasi sistem buatan
b.
Klasifikasi sistem alami
c.
Klasifikasi sistem filogeni
d.
Proses klasifikasi
e.
Taksonomi
4.
Cabang ilmu biologi yang mengkaji
pengelompokan makhluk hidup disebut……
a.
Sistem klasifikasi
b.
Proses klasifikasi
c.
Klasifikasi sistem filogeni
d.
Taksonomi
e.
Klasifikasi sistem buatan
5.
Sistem klasifikasi makhluk hidup
pertama kali dipelopori oleh……
a.
A.mayer
b.
Thomas alfa A
c.
Charles Darwin
d.
Anthony Van Leuwenhoek
e.
Carolus Linnaeus
6.
Urutan tingkat takson dari yang
tertinngi sampai terendah adalah……
a.
Kingdom-filum/divisi-ordo-kelas-famili-genus-spesies
b.
Kingdom-filum/divisi-ordo-kelas-genus-famili-spesies
c.
Kingdom-filum/divisi-kels-ordo-genus-famili-spesies
d.
Kingdom-filum/divisi-kelas-famili-ordo-genus-spesies
e.
Kingdom-filum/divisi-kelas-ordo-famili-genus-spesies
7.
Berikut ini yang memiliki kesamaan
ciri lebih banyak adalah orgamisme dalam satu……
a.
Spesies
b.
Kelas
c.
Ordo
d.
Genus
e.
Family
8.
Sistem klasifikasi yang dikembangkan
pertama kali oleh ilmuan adalah……
a.
Sistem enam kingdom
b.
Sistem lima kingdom
c.
Sistem dua kingdom
d.
Sistem tiga kingdom
e.
Sistem empat kingdom
9.
Sistem dua kingdom ini makhluk hidup
dikelompokan dalam dua kelompok besar yaitu……
a.
Kelompok tumbuhan (kingdom fungi)
dan kelompok hewan (kingdom plantae)
b.
Kelompok tumbuhan (kingdom plantae)
dan kelompok hewan (kingdom animalia)
c.
Kelompok tumbuhan (kingdom animalia)
dan kelompok hewan (kingdom plantae)
d.
Kelompok tumbuhan (kingdom monera)
dan kelompok hewan (kingdom animalia)
e.
Kelompok tumbuhan (kingdom protista)
dan kelompok hewan (kingdom monera)
10. Sistem tiga kingdom muncul setelah adanya……
a.
Mikroskop
b.
Teropong
c.
Kamera
d.
Teleskop
e.
Laptop
11. Apa kegunaan dari mikroskop
elektron……
a.
Sebagai alat percobaan para ahli
b.
Sebagai alat penelitian para ahli
yang lebih canggih
c.
Sebagai alat pengidentasi
d.
Sebagai alat komunikasi
e.
Sebagai alat pengatur temperature.
12. Berikut ini adalah manfaat klasifikasi, kecuali……
a.
Mengenal berbagai makhluk hidup
b.
Mengetahui manfaat makhluk hidup
c.
Mengetahui kekerabatan antara
makhluk hidup
d.
Member nama makhluk hidup
e.
Mengetahui intensitas antar makhluk
hidup
13. Salah satu ciri utama dari monera adalah
a.
Eukariot
b.
Multiseluler
c.
Prokariot
d.
Bersifat heterotroph
e.
Bersifat heterotrof dengan cara
menyerap zat-zat makanan dari lingkungan. . . . .
14. Salah satu ciri utama dari animalia adalah……
a.
Prokariot
b.
Uniseluler
c.
Bersifat heterotroph
d.
Eukariot
e.
Bersifat autotrof
15.
Berikut adalah cakupan objek yang
dipelajari dalam biologi, yaitu……
a.
Manusia
b.
Lingkungan
c.
Hewan
d.
Tumbuhan
e.
Semuanya benar
16.
Kumpulan beberapa organ yang
memiliki fungsi dan tugas saling berkaitan dinamakan……
a.
Jaringan
b.
Sistem organ
c.
Individu
d.
Komunitas
e.
Populasi
17.
Sekumpulan siswa sedang melakukan
pengamatan burung. Cabang biologi yang berperan adalah……
a.
Ornitologi
b.
Virologi
c.
Bakteriologi
d.
Mikrobiologi
e.
Zoologi
18.
Penamaan suatu bioma didasarkan
atas……
a.
Jenis hewan yang dominan
b.
Jumlah
jenis hewan yang dominan
c.
Jenis tumbuhan yang dominan
d.
Interaksi
antara komponen abiotik dan biotiknya
e.
Siklus
energi yang terjadi di suatu ekosistem
19.
Berikut yang bukan merupakan peran
Biologi dalam bidang pertanian, yaitu……
a.
Ditemukannya bibit unggul
b.
Mampu mengendalikan hama tanpa
pestisida
c.
Ditemukan bibit tanaman yang mampu
dipanen beberapa kali dalam setahun
d.
Ditemukan hama yang dapat berkembang
biak cepat
e.
Ditemukan
biopestisida yang aman bagi lingkungan
20.
Berikut
ini adalah ciri-ciri jamur, kecuali .
. . . .
a.
Eukariot
b.
Memiliki
klorofil
c.
Memiliki
dinding sel
d.
Bersifat
heterotrof
e.
Ada
yang memiliki zat warna
21.
Protozoa
hidup secara . . . . .
a.
Fotoautotrof
b.
Kemoautotrof
c.
Parasit
d.
Heterotrof
e.
Pakultatif
22.
Bakteri yang mampu mengikat nitrogen
bebas di udara adalah . . . . .
a.
Streptcoccus
b.
Lactobacillus
c.
Rhizobium
d.
Esherichia coli
e.
Mycobacterium tuberculosis
23.
Esherichia coli
yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri . . . . .
a.
Anaerob obligat
b.
Anaerob fakultatif
c.
Aerob
d.
Heterotrof
e.
Autotrof
24.
Bakteri yang menggunakan energi
kimia untuk mensintesis makanannya adalah ….
a.
Kemoautotrof
b.
Fotoautotrof
c.
Anaerob
d.
Aerob
e.
Saprofit
25.
Fase-
fase pada reproduksi virus secara berurutan adalah . . . . .
a.
Pelekatan
– sintesis – penetrasi – pematangan – pelepasan
b.
Pelekatan
– pematangan – sintesis – penetrasi - pelepasan
c.
Pelekatan
– penetrasi – sintesis – pematangan - pelepasan
d.
Pelekatan
– penetrasi – sintesis – pelepasan - pematangan
e.
Pelekatan
– pematangan – sintesis – penetrasi - pelepasan
26.
Bakteri merupakan organisme prokariotik, yang artinya
....
a.
Tidak
memiliki dinding sel
b.
Tidak
memiliki membrane sel
c.
Tidak
memiliki flagel
d.
Memiliki
inti sel
e.
Tidak
memiliki membrane inti
27.
Virus
hanya dapat dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan . . .
.
a.
Menggunakan
asam nukleat sel inangnya
b.
Menggunakan
mitokondria sel inangya
c.
Mengubah
inti sel inangnya
d.
Mengabsopsi
sel inangnya
e.
Menggunakan
membran sel inangnya
28.
HIV
merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini
menyerang . . . . .
a.
Sistem
saraf dan kulit
b.
Sistem
kekebalan tubuh
c.
Sistem
peredaran darah
d.
Sistem
peredaran darah dan pernapasan
e.
Sistem
pencernaan dan peredaran darah
29.
Virus
dianggap sebagai makhluk hidup karena . . . . .
a.
Tubuhnya
mengandung asam nukleat yang dilapisi protein
b.
Dapat
memperbanyak diri dalam sel hidup
c.
Dapat
menyerang bakteri
d.
Dapat
melewati saringan bakteri
e.
Dapat
menyebabkan penyakit
30.
Pada
hewan ternak, penyakit yang disebabkan oleh virus adalah . . . . .
a.
Simplex
b.
Campak
c.
Rabies
d.
Dengue
e.
Tetelo
31.
Virus
memiliki sebuah . . . . . dan . . . . .
a.
DNA,
selubung karbohidrat
b.
DNA
atau RNA , membran plasma
c.
Nukleus
yang mengandung DNA, sampul virus
d.
DNA
atau RNA, selubung protein
e.
DNA
atau RNA, sampul virus
32.
Berikut
ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapakan oleh setiap ilmuwan, kecuali . . . .
a.
Jujur
terhadap fakta
b.
Bertanggung
jawab
c.
Disiplin
dan tekun
d.
Melakukan
penelitian untuk kepentingan sndiri
e.
Peduli
terhadap lingkungan
33.
Salah
satu proses fisiologi makhluk hidup adalah melakukan proses pertukaran gas
antara makhluk hidup dengan lingkungannya untuk mendapatkan energi. Proses ini
disebut . . . .
a.
Nutrisi
b.
Ekskresi
c.
Respirasi
d.
Transportasi
e.
Tumbuh
34.
Suatu
percobaan biasanya dimulai dengan adanya . . . . .
a.
Tanya
jawab
b.
Masalah
c.
Kesimpulan
d.
Hipotesis
e.
Diskusi
35.
Berikut
ini adalah contoh-contoh aplikasi biologi pada dunia kedokteran, kecuali . . . . .
a.
Transplantasi
organ
b.
Penyuntikan
gen leptin
c.
Teknik
bayi tabung
d.
Fertilisasi
in vitro
e.
Pembuatan
vaksin virus flu burung
36.
Penulisan
nama ilmiah kacang tanah yang benar menurut aturan binomial yaitu . . . . .
a.
Arachis hypogaea
b.
Arachis Hypogaea
c.
arachis Hypogaea
d.
arachis hypogaea
e.
Arachis
hypogaea
37.
Urutan
tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah . . . . .
a.
Kingdom
– filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
b.
Kingdom
– filum / divisi – kelas – famili – ordo – genus – spesies
c.
Kingdom
– filum / divisi – kelas – ordo – famili – genus – spesies
d.
Kingdom
– filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili – spesies
e.
Kingdom
– filum / divisi – ordo – kelas – famli – genus – spesies
38. Di bawah ini merupakan penyebab hilangnya
keanekaragaman hayati, kecuali . . .
. . .
a.
Perubahan iklim
global
b.
Pencemaran tanah
dan air
c.
Introduksi
spesies
d.
Fragmentasi an
hilangnya habitat
e.
Keseimbangan
lingkungan
39. Berikut ini adalah aktivitas manusia yang dapat
menyebabkan punahnya hewan atau tumbuhan,
kecuali . . . . .
a.
Membangun tempat
tinggal baru dalam hutan
b.
Memburu hewan
langka
c.
Membuat cagar
alam
d.
Perluasan lahan
pertanian
e.
Pertambangan
40. Keanekaragaman ekosistem terbentuk karena adanya . . .
. .
a.
Faktor abiotic
b.
Faktor biotik
dan abiotic
c.
Lingkungan yang
berbeda
d.
Karakteristik hewan
dan tumbuhan yang berbeda
e.
Interaksi antara
factor biotik dan abiotic
Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Terima kasih.
Judul : Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013link : Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
0 Response to "Download Soal UAS Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013"
Posting Komentar